Gimana caranya ke Korea?




Sudah sekitar 4 bulan berada di sini,agak telat memang telat menulis cerita ini. Anggap saja saya masih beradaptasi membiasakan makan kimchi setiap hari sambil menatap mas-mas bagus di depan saya*kkkkk.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum kalian jauh melangkah kedepan membaca cerita-cerita saya. Yang akan kalian akan temui adalah kekecewaan atas susunan kalimat serta struktur bahasa, curhatan dengan kadar kwualitas yang masih rendah (ada mutunya sih, sedikiittttt) sekaligus pujian-pujian atas diri saya sendiri, jadi sangat dipersilahkan dan dianjurkan untuk makan terlebih dahulu dan tidak sedang berada dalam pengaruh obat saat membaca blog saya ini.

Baiklah dimulai,
Berdasarkan pengamatan pribadi,semakin banyak orang Indonesia yang tertarik melakukan perjalanan ke Korea. Entah untuk studi lanjut, traveling, honeymoon atau ketemu mantan. Ya elah tepok jidat. Ga perlu data statistik, sekarang pun kalian sedang membaca tulisan akuuuuhhhh ^^ jadi ada kemungkinan kalian maen ke sini kan? Asiiikkk amin amin amin.

Berikut beberapa program/cara untuk bisa sampai di Korea, antara lain :

Yang pertama (pakai nada Bang Opick)
Traveling
Kalian bisa ikut tour and travel untuk liburan ke Korea. Atau kalian bisa buat program sendiri, mengatur sendiri liburan kalian.
Kalau bisa traveling hemat dan sesuai budget kenapa ga? Iye pan?!
Oh iya,bisa poto pre-wed juga asik lo, biar ga kalah sama mbak Sandra Dewi. Atau merayakan babymoon gegara terinspirasi  mba Chealsea. Jalan-jalan, makan-makan, mengunjungi tempat-tempat cantik sekitaran Seoul atau lokasi shooting drama-drama,udah bayangin oppa-oppa nya*glup
Meski memang sih masing-masing ada plus minus nya antara traveling dengan ikut tour atau pun merencanakan sendiri.Hemm...
Kayaknya perlu buat tulisan sendiri deh jadi biar bisa cerita gamblang untuk biaya traveling di sini dan tempat yang harus dikunjungi.



Yang kedua
Ikut short program/short course/exchange program
Kalau kalian berstatus mahasiswa aktif, memiliki nilai yang cukup, dan berkomitment untuk membawa perubahan dan inspirasi bagi rekan-rekan mahasiswa,ikutilah short course program:) (mulai kampanye)
Silahkan cek ke universitas kamu apakah memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi di Korea. Kalau ada kalian bisa mulai telusuri univ itu apakah memiliki short course program seperti Summer Course Program(yg biasanya dilaksanakan bulan Agustus) Winter Program (biasanya sekitar bulan Januari). Atau ikut program pertukaran pelajar dengan universitas partner yang ada di Korea.
Short course program itu durasinya lebih pendek sekitar 10 - 15 hari, biaya nya sekitaran 15,000 won atau sekitar 16 -17 juta exclude ticket ya. Sedangkan program pertukaran/exchange program berdurasi sekitar 4 - 5 bulan, Tapi memang dari tujuan program dan biaya tentunya beda. Untuk short course program lebih menekankan pada kegiatan bahasa dan budaya Korea, atau juga ditambahkan kelas khusus dengan subject khusus sesuai tema. Sedangkan pertukaran pelajar dengan sistem transfer kredit, jadi kalian KRS di kampus kalian tapi kuliahnya di univ lain :) begituuuhhh

Yang ketiga
Studi lanjut
Kalau kalian tertarik untuk studi lanjut di Korea, pemerintah Korea menyediakan beasiswa penuh alias full scholarship untuk studi lanjut di Korea, baik untuk S1,S2 dan S3.Full gaes. Gretong. Gratis. Cek website nya ya. Korean Goverment Scholarship Program
jari-jari sudah pegel ngetik, makanya singkat hiks :( semoga ada episode khusus untuk ini ya.


Yang keempat
Bekerja di Korea.
Menjadi Tenaga Kerja Indonesia di Korea memang menggiurkan. Kebanyakan TKI di Korea adalah para pria yang bekerja di sektor industri meski juga banyak para wanita yang juga bekerja menjadi TKW di sini meski tidak banyak sih. Yang saya tau, untuk bekerja sebagai TKI perlu sertifikat bahasa Korea atau EPS Topik yang diselenggarakan di Indonesia hanya 1 tahun sekali. Nah, jadi perlu dipersiapkan untuk kemampuan bahasa dan ada biaya nya juga deh sepertinya, kaya deposit gitu untuk siapin tempat tinggal,ticket dan sebagainya. Kalau kalian tertarik bisa tanya-tanya ke tempat bimbingan/les Bahasa Korea.

Yang kelima
Ikuti ajang pencarian bakat.
Terutama buat kalian yang teruji ke-Koreaannya baik dalam hal menyanyi,cover dance dan talent lain yang berkaitan dengan budaya Korea, sering-sering ikutan kompetisinya dech.Siapa tau anda adalah salah satu calon trainee SM Global ^^


Yang keenam
....... silahkan ditambahkan sendiri

Sekian episode hari ini, besok jumat disambung lagi. Oh ya, kemarin ada yang tanya,apa bener cowok korea itu cakep- cakep semua? Jangan-jangan operasi plastik?

Komentar

Postingan Populer