My Decluttering Journey : Kapan memulai decluttering?



Tahun 2020 di Bulan Januari ini, secara tidak sengaja aku menmukan istilah 'decluttering' dan ternyata, ini yang selama ini aku cari. *bahagiaaaa

Ternyata akhir-akhir ini aku mulai secara ga sengaja menjalankan proses decluttering ini.
Setelah membaca artikel dan video youtube, decluttering itu erat kaitannya dengan gaya hidup minimalis.Tetapi semakin mencari tau mengenai gaya hidup minimalis, sepertinya belum sanggup berjuang demi sebuah gaya hidup 'minimalis', yang aku lakukan sekarang adalah mengedukasi diriku sendiri mengenai gaya hidup decluttering, mengurangi barang-barang yang tidak aku perlukan untuk hidup yang lebih simple dan bahagia versi aku tentunya.


Mulainya dari mana?

Teman-teman sekalian aku bukan ahli dalam bidang tdying atau yang lain ya, aku hanya ingin berbagi mengenai concern ku akhir-akhir ini, jadi bisa jadi apa yang aku bagikan akan beda dari apa kata ahli 😁


Tahun 2014 aku pertama kali ke luar negeri, tepatnya ke Korea untuk sekitar 2 minggu. Baiklah, saat itu tentu internet sudah bagus, cuma akunya aja yang masih kurang edukasi, tapi berbekal nonton Running Man ber episode-epiode, aku bertekad akan membawa barang yang sedikit alias barang yang bener-bener aku perlukan aja. Kayaknya sepele ya guys? NO!

Karena, saat pertemu dengan teman-teman yang akan berangkat ke Korea saat itu, mereka juga punya semangat yang sama tapi berakhir dengan koper-koper yang cukup lah menghabiskan bagasi mereka. Tapi prosesnya begini :
  1. Aku ga mau repot. Serius. Kalau nonton Running Man ya, naik subway disaana tu agak repot, naik turun tangga, maka aku putuskan ga mau bawa koper tapi beli carrier.
  2. Beli carrier pun harus milih mana yang kecil dan tinggi. Pertamanya pengen yang tinggi biar kaya mba-mba bule gitu, tapi setelah dipikir-pikir yang kecil aja biar bisa dipakai lagi. 
  3. Ga mau repot mengingat barang-barang bawaan, karena aku termasuk rempong, harus buat catetan apa aja yang harus dibawa, dsb. 

Dan akhirnya ini penampakan ku ^^

Dok : pribadi






Sejak saat itu aku bener-bener seneng berpetualang sendiri dan mengatur perjalananku, ga cuma jadwal dan tujuan lokasi, tapi aku bener-bener ngatur barang bawaanku.

Kelihatannya sepele ya, tapi itu penuh perjuangan dan pembelajaran.Mau itu acara satu hari atau dua hari atau seminggu, aku bener-bener nyiapin barang2 yang aku bawa.

Puas dan seneng tiap ada temen yang bilang"Serius kamu cuma bawa itu?" dan I am fine!

Nah, aku pikir itu adalah awal aku mulai mempersimple barang yang aku bawa, aku mulai mempermudah hidupku. Setelah semua masalah hidup ini, jangan tambah masalah mu dengan merepotkan diri sendiri lah.

Jadi ini adalah perjalanan decluttering ku. Semoga tetap semangat dan komit ah.
Figthing ^^





Sumber photo :
pinterest.com



Komentar

Postingan Populer