My deculttering journey : Waspada decluttering!


Declutering itu menurut aku proses yang dijalankan pelan-pelan dan bertahap. Tidak pasang target semua barang harus bersih dan selesai dalam satu hari. Karena malah membuat tenaga habis dan capek sendiri baik raga maupun emosional nya.

Kini setiap malam, sebelum tidur aku dedikasikan waktu buat declutering.
Seperti kemarin, aku mulai menata dan membereskan semua alat tulis yang aku punya.

Tahap 1

  1. Aku pisahkan mana yang bisa dipakai dan mana yang ga bisa dipakai.
  2. Kalau ga bisa ya buang, kalau bisa dipakai, disendirikan.

Tahap 2

Setelah tahap 1 selesai, tahap 2 dimulai, dari yang bisa dipakai, dipilih mana yang akan KITA pakai, mana yang AKAN KITA BERIKAN/DONASIKAN.

Nah, tahap 2 pun aku mulai di hari yang berbeda, karena aku ga pasang target tadi, dan yang penting aku menikmati prosesnya, aku mengedukasi diri ku bahwa, semua itu butuh proses jadi pelan-pelan aja. ^^

TAPI deculterring itu ada bahayanya. alih-alih kita mengurangi barang-barang kita, kita bisa terjebak pada proses CLUTTERING, malah menambah barang-barang yang ada.

Dan ini yang masih aku waspadai,  karena saat ini aku sedang hobby membuat planner dan journal, sedang belajar kaligrafi dan main warna dengan cat warna plus, aku mulai mengoleksi pernak pernik untuk membuat journal, mulai dari sticker lucu, isolasi warna warni.

Help!!!! Bisa-bisa numpuk lagi niiii... Tapi aku coba siasati dengan :
  • tiap beli harus ada target maksimal pembelian/budget
  • aku siapkan tempat khusus agar tidak berantakan
  • pembelian dipertimbangkan seberapa tinggi tingkat ke unyukan barang tersebut 😅😅


Meski penuh tantangan, tetap semangat decluttering ya teman-teman!!!

Komentar

Postingan Populer